Tuesday, December 19, 2006
posted by Syah at 12:17 AM












Gara-gara adikku beli permen itu, aku jadi teringat masa kecilku. Dan aku ingin menuangkannya dalam blog ini.

Familiarkah kalian dengan gambar-gambar di bawah ini ? :

Ini adalah makanan jaman aku SD klas 4. Aku inget banget waktu itu cuma ada dua rasa. Rasa ayam n rasa keju. Dan aku kadang suka nyampurin keduanya.










Aku pernah memakannya, tapi ngga yakin banget :P. Lupa-lupa inget.






Naah, kalo yang ini aku rasa ga asing lagi deh. Sama kayak coklat jago. Sayang, aku ga dapet gambarnya.





Permen yang kadang bikin aku tersedak :D.




Permen Cocorico. Permen ini biasanya jadi oleh-oleh yang dibawa eyangku untuk nengokin cucu-cucunya :).






Aku selalu mengoleksi wadah permennya. Ngga tau knapa...






Permen dengan rasa paling aneh selama aku mengenal dunia pepermenan :P.
Sampai sekarang, jingle iklannya masih inget. "Misteeeer Sarmento... permen rasa sarsaparilla."












Pernahkah kalian makan jajanan yang ada di bawah ini ? :
  1. Cilok. aCI dicoLOK. : Waktu itu, SD mana yang ngga ada penjaja ciloknya. Bentuknya yang bulet-bulet mirip bakso itu memang favorit dikalangan anak SD jaman kita dulu. Ditusuk, terus dicelupin saos. Kalo dipikir-pikir, heran juga ya knapa kita ngga pernah sakit perut setelah memakannya.
  2. Permen karet YOSAN : Masih inget ama iming-iming hadiahnya, jika kita bisa ngumpulin huruf Y-O-S-A-N di tiap kemasannya ? Aku ngga inget apa hadiahnya. Yang aku inget, betapa susahnya untuk nyari huruf N di kemasan permen karet itu.
  3. Krip-krip : Dulu, waktu warung langgananku kehabisan stok krip-kripnya, aku selalu menggantinya dengan Indomie yang diremes-remes, dibumbui, dan dimakan gitu aja.
  4. Permen Sugus : Oleh-oleh yang dibawa eyangku selain permen Cocorico.
  5. Chiki n Gizanda : Aku lebih suka ama Gizanda. Karena bumbu kejunya lebih tebel daripada Chiki. Yang aku inget dari Gizanda adalah waktu aku cabut gigi, bapakku selalu mengiming-imingi Gizanda biar aku mau cabut gigi.
  6. Es serut : Es batu yang diserut, terus dibentuk macem-macem, setelah itu disiram pemanis dengan berbagai macam warna. Makanan favorit selain cilok.
  7. Es orson : Kayaknya waktu SMP, minuman ini masih ada ya ? Aku inget banget dulu waktu Bayu TS nyanyiin jingle iklan teh botol Sosro "hari-hari teh Sosro". Sama dia diubahnya jadi "hari-hari es orson" :D. (kowe mesti ra kelingan Bay.....)
  8. Es potong n es lilin : Sampai sekarang, kayaknya cuma es lilin yang masih eksis.
Nah, kita kan udah bahas makanannya nih. Sekarang ke permainannya ya..
  1. Umbul n kelereng : Tau umbul kan? Wuih... mainan paling favorit tuh. Kalo main umbul, sukanya main kyu-kyu. Trus kalo main kelereng, sukanya main poces. Sampai-sampai dikomentarin ama om-ku "Kecil-kecil dah mainan judi. Gimana ntar gedenya ?" :D
  2. Lompat karet n suramanda/sundamanda : Kalo ngga ada yang ngajakin main kelereng n umbul, aku kadang suka gabung ama anak-anak cewek untuk main lompat karet n suramanda :.
  3. Egrang : Kapok deh main mainan yang satu ini. Pasti cuma bisa berdiri aja. Ngga bisa jalan.
  4. Dos-dosan/bentengan n petak umpet : tiap malem minggu, ama anak-anak tetangga sebelah, biasanya suka main ini.
  5. Mercon : Kenakalan masa kecil. Pernah dulu nangkep kodok, trus mulutnya disumpel pake mercon, abis itu disulut :D. Trus pernah juga menyokkin bis surat n rambu lalu-lintas pake mercon. Bisa geleng-geleng kepala terus kalo inget masa-masa itu.
Kalo tayangan TV, biasanya aku suka nonton :

TVRI : Oshin, Unyil, Ria Jenaka, Album Minggu Kita, Hunter, ama Sledge Hammer.
RCTI : Doraemon, Candy-candy, Kuis Keluarga Lifebuoy, Tak Tik Boom, Knight Rider, n MacGyver.

Trus kalo video aku suka nonton :

Goggle V, Gaban, Sharivan, Zabogar, n Ultraman/Ultra Seven.

Bacaannya, dulu aku suka baca :

Waktu SD : majalah Bobo, kuncung, Panjebar Semangat (majalah yang isinya bahasa Jawa).
Waktu SMP : Trio Detektif, Lima Sekawan -Enid Blyton-, (gara-gara Bayu TS juga aku dicekoki Tonggak, antologi puisi dari berbagai angkatan), MOP, majalah HAI.
Waktu SMA : Novelnya Agatha Christie ama Sir Arthur Conan Doyle. (waktu SMA, aku jarang banget baca buku n majalah. Ngga tau knapa).

Weh, ngga kerasa udah panjang banget aku nulis. Kalo ada yang berminat posting dengan tema yang sama, sumonggo aja. Kayaknya seru kalo masing-masing nyeritain masa kecilnya.

Disclaimer :

(Gambar-gambar selain gambar permen Davos, adalah gambar milik Blog 80-an.)
 
4 Comments:


At Tuesday, December 19, 2006 6:27:00 PM, Blogger b@nd's

geh ternyata aku dan kau suka...eh pada bae

 

At Thursday, December 21, 2006 12:36:00 AM, Blogger Syah

pada bae apane ban?

 

At Saturday, December 23, 2006 12:48:00 PM, Anonymous marlia

Wah..ternyata masa kecilmu rada sadis juga yah...masa kodok ampe disumpelin mercon...ga ada perikehewanannya tuh....
Tapi aku bisa maklum ko..Lah kajenge wong lare....hahahaha...

 

At Saturday, December 23, 2006 1:56:00 PM, Blogger Syah

@marlia : iya nih.... namanya juga anak2... lare jaler. hehehehehe