Monday, January 29, 2007
posted by Syah at 8:40 PM

Mohon maaf sebelumnya, mungkin akan terasa sedikit aneh jika anda memperhatikan gaya bahasa saya pada tulisan kali ini. Dibandingkan tulisan-tulisan sebelumnya, bahkan di Blog saya sekalipun, baru kali ini saya menggunakan kalimat yang begitu santun, kaku, dan baku. Gaya bahasa saya ini bukan tanpa maksud, saya hanya ingin lebih menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu saya. Bukan sebagai bahasa yang harus dicampur-aduk agar terlihat kesan sebagai orang yang lebih pandai dan cerdas.
Baiklah, bahasan kita kali ini adalah mengenai Buku Tahunan. Bukan, bukan untuk mengomentari gaya bahasa yang ada pada Buku Tahunan tersebut. Tapi lebih ke sisi lainnya. Dimana perasaan kita akan terhanyut saat mulai membacanya.
Saya adalah orang yang mudah sekali larut dalam kerinduan, saya akui itu. Karena itu, saya mudah sekali mengingat hal-hal dimasa lalu yang membawa kesan tersendiri bagi saya. Baik dan buruknya. Dan mungkin, tidak akan lupa dalam jangka waktu yang sangat lama.
Cukuplah kiranya keluh kesah saya itu. Kembali ke topik bahasan kali ini. Saya bertanya kepada anda, "Masihkah anda menyimpan Buku Tahunan milik anda ?" Tidak perlu sungkan untuk menjawabnya. Saya tidak akan menghukum anda yang telah kehilangan Buku Tahunan baik disengaja ataupun tidak. Justru saya akan menggantinya disini, di blog ini. Mari, kita tilik kembali buku yang selalu membawa perasaan sedih, senang, haru, dan benci menjadi satu kesatuan rindu setiap kita mulai membukanya lembar demi lembar.

Ini adalah sampul dari buku tahunan. Saya berencana mendedikasikan sampul ini sebagai foto utama dalam blog ini. Menggantikan logo SMU 1 Cilacap sebelumnya.


Salah satu dari orang-orang berjasa yang telah membuat anda bisa sekolah di Jerman, menjadi dokter, menjadi pekerja teladan, membentuk keluarga sakinah, dan menjadi orang yang berguna sesuai yang mereka harapkan.



III IPA 1

Desain yang bagus. Diantara anda ada yang tahu siapakah yang mendesainnya? Saya beri pujian untuk desain ini.


Saya selalu tersenyum jika membaca tulisan yang ada pada logo Coca-cola. Tulisan itu berbunyi : "Gratis untuk semua saat ada yang sedang ulang tahun."



Daftar nama-nama anak III IPA 1. Lengkap dengan nama panggilan, Alamat dan nomor telepon rumah.




Foto masa kecil anak-anak III IPA 1. Waktu begitu cepat berlalu. Saat masa kecil masih begitu lekat dalam benak kita, kita sudah harus memikul tanggung jawab untuk memberikan masa-masa yang indah juga untuk anak-anak kita nantinya.




III IPA 2


Yang menarik dari desain sampul III IPA 2 adalah gambar tangan-tangan yang menjadi bingkai foto mereka. Gambar tangan adalah gambar yang bagus untuk mewakili rasa persaudaraan dan kekompakkan yang kuat.






Anak-anak III IPA 2 dalam karikatur. Saya jadi mempunyai ide tentang cerita dengan menggunakan karikatur untuk topik bahasan sebuah blog. Tapi sayangnya, saya tidak mempunyai kemampuan untuk menggambar.





III IPA 3

Ini adalah kelas saya.









Saya harus merelakan foto saat saya masih balita, untuk dipampang di dalam Buku Tahunan.







III IPA 4

Sampul yang bagus. Bintang, Bumi, Saturnus, dan meteor berputar mengelilingi tulisan BOISKA. Entah apa yang ada di pikiran mereka saat mendesain sampul ini.










Daftar nama anak-anak III IPA 4. Hampir mirip dengan III IPA 1. Yang membedakan hanyalah pengumuman reuni pada tanggal 4 bulan 4 tahun 2004 jam 4 sore di Teluk Penyu.









III IPA 5

Desain minimalis. Saya selalu suka dengan desain seperti ini.












Kalau boleh mengakui, halaman ini adalah halaman yang paling sering saya buka pertama kali apabila sedang membaca Buku Tahunan. Kata-kata yang ditulis Rangga Panji ini terkesan cerdas, menghibur, menggelitik, dan enak untuk dibaca.









Kumpulan foto yang disusun Rangga Panji ini menginspirasi saya untuk membuat photolog.












III IPS 1
Desain sederhana. Nama anak-anak III IPS 1 menjadi bingkai foto mereka. Cukup kreatif, meski saya harus memutar-mutar Buku Tahunan ketika membacanya.








Kumpulan tanda tangan anak-anak III IPS 1. Ada pesan yang bagus pada kumpulan tanda tangan itu. Sederhana tapi dalam maknanya. "Aku ingin menjadi bintang di kehidupanku kini dan akan datang untuk selama-lamanya. Dimana bumi ku pijak, disitu langitpun ku junjung."











III IPS 2
Poenya TESTIS 2. Mereka membuat homonim dari kata testis yang sesungguhnya. TESTIS disini berarti Terminalnya III Sos-2.









Kumpulan foto anak-anak III IPS 2. Selalu ceria dimanapun mereka berada.









III IPS 3
Kaos 3. Kreasi Antik Orang Sosial 3.










Pesan dari Pak Bardja. Guru bahasa Inggris sekaligus wali kelas III IPS 3. Ada dua pesan penting yang bisa kita petik dari beliau.
  1. Bangkitkan motivasi diri yang kuat dan wawasan yang memperkuat "Positive Thinking". Kelemahan motivasi disebabkan oleh "Negative Thinking" tentang diri sendiri.
  2. SMU 1 Cilacap adalah almamater kalian, jangan sampai dilupakan karena merupakan bagian dari kehidupan kalian.







III Bahasa

De Laungage. Dari kelas inilah saya mengenal seseorang yang telah memberikan berjuta kenangan yang tidak bisa saya ceritakan disini maupun di blog saya.












Desain menarik. mengingatkan saya pada sebuah film tentang persahabatan.





Demikianlah Buku Tahunan ini dibuat demi mengingat bahwa masa-masa sekolah adalah fase paling indah melebihi fase apapun di dalam kehidupan kita. Itulah sebabnya, saat kini kita masih bisa merasakan kekompakkan dan persaudaraan kita.






Udah ah.... capek aku harus ngomong baku. Kalo keseringen posting pake gaya bahasa kayak gini, bisa mengganda nanti kepribadian saya aku. :D

*ngeluyur pergi nonton Extravaganza untuk mengagumi potongan rambut Mieke Amalia*

 
1 Comments:


At Monday, February 19, 2007 7:41:00 AM, Blogger AuDa RiAnI MeLiNdA

kebetulan aku salah satu yang kehilangan buku tahunan ku.. udah aku sayang2 tetep aja bisa ilang.. hiks...

*hayoo.. yang ngrasa pinjem.. tolong banget balikin buku tahunan ku!!*